Kreasi Barang Bekas Menjadi Sesuatu yang Bermanfaat

10:30 PM
Pusing melihat barang bekas berserakan di rumah anda..?? jangan khawatir pemirsa. Disini saya akan berbagi tips tentang seputar Kreasi Daur Ulang Barang Bekas menjadi hal yang bermanfaat. Ya dari pada terbuang begitu saja tak terpakai. Baiklah berikut ini adalah beberapa barang bekas yang bisa kita kreasikan menjadi bahan kerajinan.

1. Botol Bekas
Sapu dari botol bekas image via google search

Coba anda lihat gambar di atas. Dengan sedikit usaha serta kreativitas anda dapat juga memakai kembali botol bekas jadi sapu. Diluar itu, aktivitas berkreasi ini bisa kita pakai untuk menyalurkan hoby dan mengisi waktu senggang. Untuk bikin sapu dari botol bekas ini, peralatan yang dibutuhkan tidaklah rumit, cukup hanya memakai botol bekas, alat pemotong serta gagang yang terbuat dari kayu, kita sendiri bisa membuatnya dirumah. Disamping itu, selain gratis juga dapat menghemat keuangan anda untuk beli sapu. Oleh karena itu, jangan membuang botol bekas anda dirumah karena kalau dibuang akan menjadi sampah atau limbah yang dapat merugikan manusia. Sebenarnya masih banyak kreasi yang lain dari botol bekas ini. Tapi cukup ini saja mewakili, nantikan postingan saya berikutnya.

2. Ban Bekas

Pot atau Kolam ikan dari ban bekas image via kaskus.co.id
Untuk yang satu ini pas banget untuk anda yang mempunyai tempat tinggal dengan pekarangan luas. Adapun Cara membuatnya untuk dimanfaatkan sebagai kolam yaitu, pertama anda potong sisi ujung yang menghadap ke velg sesuai dengan yang anda kehendaki, kemudian agan balik hingga sisi luar ban ada didalam serta sisi dalam ban ada diluar. Lalu untuk sisi bawahnya, ditutupi oleh velg sisa yang lobangnya juga telah di sumpal dengan trashbag. Selain itu, bisa pula dipakai sebagai pot tanaman. Wah...!! ternyata ban bekas banyak juga ya manfaatnya.

3. Koran Bekas


Pot cantik dari koran bekas image via berbagigagasan.blogspot.co.id

Seperti yang anda lihat pada gambar di atas, orang yang kreatif bisa mengolah apa pun barang yang tidak bermanfaat dapat di proses menjadi bermacam-macam jenis barang baru yang unik dan cantik. Disamping itu kehadiran koran bekas dapat juga di proses jadi beberapa product yang berguna untuk kehidupan sehari-hari seperti contoh diatas. Melihat model kerajinan diatas sebagian besar bisa anda buat sendiri dirumah lantaran tingkat kesusahan yang lumayan gampang, tetapi ada pula sebagian kerajinan tangan dari koran bekas yang membutuhkan ketrampilan khusus dan ketelatenan dalam membuatnya. 

Gambar di atas adalah vas bunga koran bekas. Bahan dasarnya yaitu bekas es cream walls berupa gelas. Sesudah dicuci bersih, anda kemudian selumuti dengan pilinan koran bekas. Yakni koran yang dipotong memanjang selebar 6 cm an. Kemudia anda pilin dan rekatkan.

Untuk pewarnanya anda bisa menggunakan pewarna sablon, bisa juga dicampur dengan lem Fox. Lem fox sangat baik untuk finishing. Jika tanpa warna kesannya bening mengkilap. Tetapi kalau di beri pewarna maka akan lebih keren lagi. Bunganya bisa anda gunakan kantong keresek dari berbagai paduan warna. Dan untuk batang serta tangkainya menggunakan bambu yang dibungkus salotip. Seperti contoh yang sudah saya perlihatkan pada gambar di atas pot bunga kerajinan tangan daur ulang dari korang bekas.

4. Baju Kaos Bekas
Kaos Bekas Jadi tas cantik image via kaskus.co.id

Jika anda mempunyai baju kaos bekas yang tidak terpakai lagi, mungkin bisa anda jadikan tas seperti pada gambar di atas. Cara membuatnya cukup mudah sekali. Silahkan mengikuti langkah berikut ini
Langkah ke 1 Siapkan baju bekas yang akan di rubah menjadi tas dan peralatan perangnya seperti benang, gunting dan jarum (atau mesin jahit jika ada)

Langkah ke 2 Potong lengan baju kaos dan juga potong bagian kerahnya dengan potongan agak besar menyerupai tas

Langkah ke 3 Jahit bagian bawah baju dari dalam balikan. Kalau mau bisa juga anda jahit bagian pinggir hasil potongan tadi (baik di lengan maupun kerah).

Langkah ke 4 Tas sudah jadi dan siap di tempati barang-barang belanjaan anda.

Ya mungkin itu saja yang bisa saya bagikan untuk anda. Semoga artikel "Kreasi Daur Ulang Barang Bekas" bisa bermanfaat bagi anda semua.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔