Kreasi Daur Ulang dari Sampah Gelas Plastik

8:44 PM
Banyaknya produk minuman berkemasan menambah daftar sampah yang ada di muka bumi ini. Dalam kehiduan sehari-hari kita sering jumpai sampah plastik berkemasan gelas minuman berserakan di jalan. Biasanya hanya pemulung yang memanfaatkan sampah ini untuk di jual ke pedagang plastik.

Sudah tidak diragukan lagi, kebanyakan orang yang minum air gelas mineral atau sejenis minuman gelas sudah pasti gelasnya dibuang seakan-akan gak ada manfaatnya sama sekali. Orang yang tidak mempunyai nilai kreatifitas mungkin akan melihatnya sebagai sampah tetapi orang yang mempunyai kreatifitas akan mengambilnya dan menjadikannya sesuatu yang bernilai.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan mendaur ulang gelas plastik bekas. Selain manfaat yang kita dapatkan juga mempunyai nilai tersendiri bagi kita. Mau tau apa saja manfaat dari gelas plastik bekas?

Berikut ini adalah hasil daur ulang plastik bekas menjadi barang yang menarik dan cantik. Selain anda melihat hasilnya anda juga bisa mencobanya di rumah karena saya akan memberikan beberapa tips atau cara membuatnya.

1. Tudung Saji dari Gelas Air Mineral

Cara buat tudung saji dari gelas plastik bekas

Seperti yang anda lihat pada gambar di atas. Sebuah tudung saji yang terbuat dari gelas air mineral yang dikreasikan sehingga menjadi barang yang mimiliki nilai tersendiri.

Cara pembuatannya sangat gampang sekali coba anda lihat gambar di atas sesuai dengan urutannya. Tetapi sebelum itu persiapkan alat dan bahannya dulu.
  1. Gelas air mineral bekas 
  2. Gunting
  3. Staples 
  4. Renda
  5. Pita
  6. Kardus bekas
  7. Lem Castol atau Lem Uhu
Cara pembuatannya seperti berikut:
  1. Gunting gelas air mineral menjadi 2 sama besar sebanyak 6 gelas atau sesuaikan dengan keinginan.
  2. Gabungkan gelas yang sudah digunting tadi dengan menggunakan staples hingga membentuk lingkaran.
  3. Hias bagian luar dengan renda dan pita. Di bagian ini anda bebas berkreasi sesuai keinginan anda.
  4. Buat lingkaran dari kardus untuk penutup bagian atas yang bolong. Lem dengan renda atau kain.
  5. Tempelkan pada bagian atas gelas yang sudah dihias tadi. Sudah jadi dech...gampangkan!! itu aja penjelasannya.

2. Tas Cantik dari Gelas Plastik Bekas 

Kali ini saya akan memperlihatkan cara membuat Tas Cantik dari daur ulang sampah plastik bekas. Sebelum mengetahui cara pembuatannya sebaiknya anda bisa melihat urutan gambar yang ada di bawah:

Cara membuat tas cantik dari sampah gelas plastik
  1. Setelah anda melihat gambar ke 1 mungkin anda mengenali beberapa produk minuman berkemasan seperti teh gelas, teh rio dan teman-temannya. Itulah sebenarnya bahan yang akan kita gunakan untuk membuat tas cantik ini.
  2. Gambar ke 2 anda melihat lingkaran plastik berserakan. Gambar tersebut adalah bibir dari gelas plastik yang sudah di gunting dan dikumpulkan sebanyak-banyaknya.
  3. Gambar ke 3 anda melihat lingkaran kecil yang tersusun rapi. Gambar tersebut adalah bibir gelas tadi yang disusun rapi layaknya seperti anyaman dan kemudian di ikat dengan kawat pada bagian tengahnya agar tidak mudah lepas.
  4. Gambar ke 4 adalah menyatukan kembali bibir gelas tadi hingga membentuk suatu pola. Pada bagian ini anda bebas berkreasi bentuk tas seperti apa yang anda inginkan. Seperti itulah terus prosesnya hingga membentuk suatu tas cantik.
Cara di atas hanyalah dasar untuk membuat tas cantik. Jika anda mau lebih cantik lagi anda bisa menambahkan beberapa rangkaian bunga disampingnya. Lihat contoh hasil kreasi berikut ini:

Tas cantik dari gelas plastik
Itulah hasil daur ulang gelas plastik menjadi sebuah tas cantik yang bisa di pakai ke mana-mana.


3. Tirai dari Gelas Plastik Bekas Ale-ale

Tirai dari gelas ale-ale ini juga sangat menarik. Gak harus mahal untuk mendapatkan tirai cantik seperti pada gambar berikut ini.

Tirai cantik dari gelas Ale-ale
Penasaran bagaimana cara membuatnya. Jangan khawatir disini saya akan memberikan tips cara membuat tirai dari gelas ale-ale.

Sebelumnya alangkah baiknya kumpulkan dulu bahannya yaitu gelas bekas ale-ale atau sejenisnya. Setelah terkumpul banyak mulailah berkreasi membuat Tirai Cantik. Berikut ini cara membuatnya:

Proses pembuatan Tirai Cantik dari plastik bekas ale-ale

Lihatlah langkah-langkahnya seperti pada gambar di atas.
  1. Mulailah dengan menggunting bibir gelas plastik ale-ale seperti pada gambar nomor satu.
  2. Potong gelas menjadi 2 bagian kemudian 4 bagian kemudian 8 bagian dan balik permukaan gambar menjadi di dalam seperti pada gambar nomor dua.
  3. Lipat menjadi 2 lalu gunting lagi tengahnya membentuk segitiga dari ujung ke pangkal dari 8 lembar tersebut menjadi seperti contoh pada gambar nomor tiga.
  4. Kemudian 8 bagian tersebut digunting tengahnya, langkah selanjutnya 6 bagian di rangkai dengan disteples sisanya yang 2 bagian dipakai untuk cadangan untuk tempat ring agar bisa menjadi rangkaian. Setelah menjadi seperti bunga mawar rangkai dengan ring. Selesai
Itulah 3 Hasil Daur Ulang dari Gelas Plastik Bekas. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa di Share ya...!!

Share this :

Latest
Previous
Next Post »
2 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔