Inilah Manfaat Battery Bekas Yang Tidak Terpikirkan

11:31 AM
Dalam hidup sehari-hari, pemakaian batu baterai benar-benar sangat dibutuhkan. Terlebih untuk beberapa barang elektronik yang dapat berperan dengan dukungan baterai. Tetapi, sejalan dengan perkembangan tehnologi, pemakaian batu baterai (dry cell) telah mengalami beragam perubahan, salah satunya mulai tergantikan oleh adanya product baterai yang dapat dicharge.Oleh karena itu, jika kondisi daya baterai telah habis dengan mudahnya kita dapat kita mengisinya kembali. Walau demikian, bagaimana kalau baterai yang dipakai itu bukan type baterai yang dapat dicharger? Automatis, kita mesti membeliyang baru dan pasti memerlukan ongkos untuk itu. 

Nah, denganmelihat persoalan itu, ada banyak trick yang dapat kita pakai dalam menanggulangi permasalahan batu baterai yang sudah dianggap lowbat tersebut. Trick ini disajikan khusus pemakaian batu baterai bekas yang memiliki ukuran kecil (1, 5 volt). Batu baterai ukuran itu umumnya kerap dipakai untuk lampu blits, jam dinding/jam beker, mainan anak dsb. Bila Anda temukan batu baterai yang udah tak bisa dipergunakan secara sempurna, dengan kata lain telah habis setrumnya, janganlah tergesa-gesa dibuang begitu saja, karena ada trick yang dapat Anda coba hingga tak perlu lagi membeli batu baterai yang baru. 

1. Batu baterai biasa (bukan yang dapat dicharge) yang udah bekas ukuran 1, 5 volt bisa pula untuk baterai yang besar, silakan Anda kumpulkan sebanyak mungkin. 

2. Seleksi yang masih bagus, dengan kata lain kutub (+) serta kutub (-) belum ada bercak karatnya, silakan dipisahkan terlebih dahulu

3. Lalu yang salah satunya atau ke-2 kutubnya berkarat dibikin bersih dengan amplas sampai betul-betul bersih 

4. Pukulkan antar 2 batu baterai dengan cara acak di bagian tubuhnya hingga agak penyet atau penyok 

5. Lalu test dengan baterai tester (tengok gambar bawah), disitu bakal tercantum seberapa besar voltase yang tersisa 
Image via kaskus.co.id

6. Gunakan baterai untuk kepentingan beberapa barang elektronik anda yang memakai power DC 

7. Jika sesudah dipakai  dan baterai sudah habis, jadi jangan sampai cepat-cepat dibuang dikarenakan baterai itu dapat digunakan kembali. Caranya : Bukalah selubungnya lalu simpan di atas tanah dalam pot bunga dirumah anda, pasti tanaman bunga anda bakal terlihat lebih subur, lantaran serbuk hitam baterai berperan sebagai pupuk. 

Sekedar informasi bukan hanya baterai kecil yang bisa di daur ulang. Ternyata Baterai Laptop Bekas juga bisa di daur ulang menjadi sumber listrik. Di lansir dari laman dw.com mengatakan para Peneliti IBM telah mengembangkan hasil daur ulang baterai laptop bekas, yang dapat berguna untuk beberapa ratus juta warga didunia yang tempat tinggalnya tidak mempunyai akses listrik.

Bagaimana caranya membuat Baterai Laptop bekas menjadi sumber listrik? 

Bungkusan atau kemasan baterai laptop di buka. Lantas sel baterai di keluarkan. Setiap sel di check dengan cara terpisah agar terlihat jelas yang mana yang masih dapat digunakan. Kemudian beberapa sel baterai yang berperan dipadukan kembali untuk membuat semacam baterai. Piranti untuk mencas ditambahkan dan juga sirkuit untuk menghindari alat menjadi sangat panas.

Peneliti memprediksi biaya produksi satu UrJar sekitaran 600 Rupee atau sekitaran 120. 000 Rupiah. Prototipe diuji coba oleh lima pemakai di lokasi miskin India. Empat salah satunya memakai alat itu untuk warung tepi jalan tempat mereka bekerja.

Beberapa pemakai menyampaikan, mereka bersedia membayar 1000 Rupee untuk product itu. Namun menurut situs Tech Review, IBM tdk merencanakan merubah tehnologi ini jadi lahan bisnis. Tetapi mereka bakal menyediakan dokumen tentang cara membuat UrJar dengan cara gratis dan hanya untuk negara-negara berkembang.

Demikianlah artikel tentang "Daur Ulang Baterai Bekas". Semoga bermanfaat..!!

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔